Seputar Keyword Research process dalam SEO

Posted by Donny Sulistyo Nugroho on Kamis, 26 Agustus 2010 | 3 komentar

Ini bagian yang paling menentukan dari semua proses SEO, kenapa? sebab proses ini akan menentukan masa depan websiteMu. Bukan cuma sebagai pembentukan website branding tapi juga menentukan visitor yang datang mau seperti apa, kalau website Anda tentang feng shui tentu visitor yang datang maunya peminat feng-shui.


Sewaktu memilih variasi keyword sangat PERLU memandang dari beberapa sudut pandang. Kalau kata kuncinya adalah Alice Norin maka beberapa keyword pilihan saya “DIVA Club, DJ Alice, foto alice norin dan sekalian Videonya juga”. Kalau sudah sekarang waktunya transformasi:

Look at Your Own Site

Maksudnya adalah men-transformasi-kan keyword keyword pilihan tadi kedalam website. Bentuknya bisa berupa service yang ditawarkan atau mungkin produk eksklusif yang dimaksudkan untuk dijual.  Hint: Jangan terpaku dengan keyword jadikan lebih dinamis nan persuasif.

Who is Your Audience?

Tentunya kembali pada audiens yang ingin dirangkul. Di internet ada berbagai tools untuk mengetahui phrase apa yang user gunakan diantaranya Google keyword tools, Overture, Wordtracker(paid), dan Google Traffic estimator. PERLU disadari setiap netizen memiliki behavior yang berbeda beda, ada yang mencari info CUKUP dengan sedikit keyword misalnya “startup lokal” tapi ada juga yang lebih ber-pharse misalnya “Pengertian startup lokal” atau bisa saja “kompetisi startup lokal“. Cara mengetahuinya Anda bisa tracing lewat Hittail, Google webmaster tool dan Google Analytic untuk alternativenya coba observasi di facebook, atau forum untuk menambah ragam phrase.

Competitor / Industry

Yang ini saya pisah menjadi 2:

(1) Phrase apa yang biasa digunakan dalam industry tersebut. karena setiap industry memiliki pengertian yang berbeda beda, misalnya “46” biasa dipakai angkot untuk istilah MERAPAT MERAPAT , “Interupsi” yang ini mirip sama angkot tapi audiensenya dijamin lebih berduit contoh lainnya “PR” kalau SEO Science pengertiannya PageRank, kalau di Kehumasan/ilmu komunikasi pengertiannya “Public Relation“.

(2) Mengidentifikasi keyword yang dipakai kompetitor. Disini ada banyak pilihan, mulai dari mencoba bersaing dengan keyword yang sama, menemukan perbedaan, atau bersaing di keyword yang ber-phrase karena biasanya kurang dioptimasi mereka. 

Semoga bermanfaat dan terispirasi