Pola Gulung Tikar Dini dalam Internet Marketing Online

Posted by Donny Sulistyo Nugroho on Minggu, 22 Agustus 2010 | 3 komentar

Banyaknya situs-situs komersial baru yang bermunculan di dunia maya membuat persaingan semakin ketat, hal ini tentu membuat para marketer berusaha sekuat mungkin memenangkan persaingan dalam merebutkan pasar.
Tidak sedikit dari mereka yang tidak memiliki pondasi bisnis yang kuat akhirnya mengibarkan “bendera putih” tanda menyerah, padahal mereka belum mendapat apa yang mereka inginkan dan biaya yang mereka keluarkan sangat banyak sedang hasil yang di dapat tidak sesuai dengan pengeluaran.

Melihat fenomena demikian tidak salah jika dikatakan bahwa internet marketing bagai “hutan rimba” siapa yang kuat dialah yang menang.

Sungguh ironis jika hal ini dibiarkan, disaat pasar internet melaju dengan kencang seiring perkembangan zaman… kita malah keburu “gulung tikar” sebelum memenangkan peperangan.

Baiklah saya akan mencoba menguraikan beberapa hal yang menyebabkan internet marketer yang gulung tikar dini :

1. Pola Pikir yang Sempit
Masalah utama kita bukanlah disebabkan karena kita tidak bisa membuat website atau hal-hal teknis lainnya, tapi masalah utama kita adalah bagaimana bisa mengelola pola pikir (mindset) agar menjadi senjata DAHSYAT yang mematikan dalam internet marketing.
Kadangkala kita di buat bingung oleh fikiran kita sendiri, dimana masalah yang seharusnya mudah menjadi begitu sulit, seolah olah tidak ada jalan selain jalan itu.

Berikut ini beberapa ciri pola pikir yang harus dihindari oleh para internet marketer :
- Menganggap suatu persolan lebih besar dan menganggap dirinya lebih kecil dari masalah tersebut.
- Maunya hasil yang instant dan tidak mau bekerja keras.
- Tidak mau membuka diri merasa cukup pintar dengan kemampuan yang dimiliki.
- Suka berkhayal minim tindakan.
- Banyak berharap jarang memberi.
- Menganggap kesuksesan adalah sebuah nasib.
- Menganggap uang adalah segalanya.

Dan masih banyak lagi penyebab-penyebab pola pikir seseorang tidak menemui sasaran yang tepat selain hal diatas.

2. Persiapan yang Kurang Matang
Ibarat sebuah pasukan yang akan bertempur di medan perang mereka pasti akan menyiapkan persiapan apa saja yang seharusnya dilakukan, strategi apa yang kiranya efektif untuk mengalahkan lawan,  senjata apa yang harus di bawa ketika berperang, kapan saatnya bertahan dan kapan saatnya menyerang.

Begitupula dalam internet marketing, sebelum memasarkan produk langkah apa saja yang harus dilakukan, tools apa saja yang di perlukan dalam internet marketing dan strategi apa yang bisa meningkatkan penjualan produk.

Disinlah sebenarnya kunci awal marketing, dimana banyak dari marketer kurang begitu peduli atau kurang begitu menghiraukan terhadap masalah ini, yang penting bagi mereka promosi dapat duit.. dapat duit.. dan dapat duit.

Padahal dapat duit di internet tidaklah semudah dibayangkan sebagaimana digembor-gemborkan dalam banyak iklan, masih banyak hal yang harus di persiapkan mulai dari riset pasar, ide apa yang pas dengan kemampuan, strategi promosi, sampai berapa target omset bulanan dan semua itu harus dipersiapkan dengan matang dan jelas, Tidak sekedar asal-asalan.

3. Kurang Tahan Banting Mudah Menyerah
Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan mudah, semua butuh perjuangan baik itu waktu, tenaga, fikiran modal dan sebagainya.

Banyak marketer berkata, mereka menyatakan bahwa mereka telah bekerja keras menghabiskan banyak dana dan waktu untuk mendapatkan penghasilan di internet namun hasil yang di harap tak kunjung datang sehingga cepat-cepat putus asa dan akhirnya gulung tikar juga.

Tahukah anda …pada saat mereka mengatakan demikian… mereka tidak sadar kalau selangkah lagi mereka bakal mendapatkan jerih payahnya. Namun yang saya tekankan disini adalah seberapa jauh langkah yang mereka ambil sehingga mereka mengatakan demikian !

Apakah langkah yang mereka ambil benar-benar produktif ?

Apakah hanya karena satu script link saja yang rusak mereka tidak bisa benahi dan akhirnya putus asa !

Ataukah mereka bagaikan burung yang ada dalam sangkar yang kelihatannya bergerak namun tetap di tempat !

Mereka sendirilah yang lebih tahu sejauh mana persolan mereka, sehingga mereka sampai menyatakan demikian.

Jika anda memang serius terjun menekuni bisnis internet bersiap-siapalah menemui kegagalan, karena tanpa kegagalan Anda tidak akan pernah belajar dari kegagalan tersebut.
“bukankah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ?”

Memang diawal perjuangan (proses) kegagalan akan kita hadapi, namun bagimana kita mengupayakan agar kegagalan tersebut kita minimalisirkan, salah satu caranya adalah melihat pengalaman orang yang telah mengalaminya.

Bagaimana perjalanan bisnis internetnya ?

Mengapa sampai Ia gagal ?

Langkah apa yang ia ambil sehingga ia bisa sukses ?

Dari sanalah kita dapat berkaca dan ambil pelajaran agar kita tidak mengulangi lagi hal-hal yang bisa menggagalkan bisnis internet kita sehingga meminimalisir kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.

Kita sama-sama berjuang, dari passive income, bisnis online bisa jadi active income, so don't give up, Ok?

Semoga Bermanfaat