Menaikkan Page Rank Bukan Hanya "Begitu"..

Posted by Donny Sulistyo Nugroho on Selasa, 16 Maret 2010 | 0 komentar

Untuk mendatangkan traffic pengunjung yang tinggi berbagai macam cara bisa kita lakukan, misalnya dengan membuat konten yang menarik, opitimisasi key word, ataupun penerapan teknik SEO. Namun kali ini saya tidak membahas itu semua, karena saya bukanlah master SEO ataupun mengaku Jagoan SEO. Satu hal yang biasanya terlupakan adalah penampilan sebuah situs/blog, bayangkan jika blog kamu sudah berada di posisi pertama search engine dan ketika blog kamu di buka ternyata loading page yang cukup berat, belum lagi tampilan side bar yang melorot ke bawah, dan header yang agak kacau. Ternyata appearance sebuah blog atau situs juga bisa berpengaruh terhadap statistik pengunjung, ini berdasarkan pengamatan saya beberapa hari terakhir.

Mungkin kamu terbiasa menggunakan browser mozilla, namun pernahkah kamu mencoba membuka blog kamu dengan browser yang lain? Gimanakah hasilnya? apakah cukup berantakan? he..he.. Ini saya alami beberapa minggu terakhir. Blog yang normal-normal saja diakses dengan browser mozilla, ketika saya membukanya dengan Internet Explore wahhh... berantakan banget dech. Side bar yang melorot kebawah, header yang kacau dsb. Alhasil statistik pengunjung blog saya ini agak menurun. Akhirnya dengan penuh perjuangan saya berhasil memperbaiki tampilan blog ini. Mozilla memang browser terbaik mungkin saat ini, tapi terkadang blog kita tidak support dengan browser Internet Explore buatan Microsoft ini. Gak tau kenapa? Mungkin ada yang bisa memberikan penceran kepada saya? Lantas gimana jika dibuka dengan browser yang lain seperti opera, google chrome, dll. Ada baiknya kamu juga mencobanya, mengingat gak semua pengguna internet di dunia menggunakan browser Mozilla to?

Satu hal yang tidak kalah penting juga adalah loading page halaman sebuah situs, bayangkan jika seseorang dengan konesksi internet yang lambat membuka blog kamu sementar loading page kamu begitu berat, wahh pasti bete banget yach? belom kebuka ud "timeout request" he..he.. selfseo.com mengestimasi jika loading page blog kamu membutuhkan lebih dari 5-8 detik, maka kamu akan kehilangan 1/3 pengunjung. Penyebab loading page yang terlalu berat antara lain: penggunaan image atau gambar, widget yang tidak penting, dan penggunaan javascript. Kedua poin itulah yang akan membuat pengunjung blog kamu kapok...!!!

Beberapa kesimpulan menarik yang saya ambil dari pengalaman saya:

1. Sering-seringlah membuka blog kamu dengan browser yang lain, minimal bowser yang banyak digunakan orang seperti mozilla, internet explore, opera, google chrome dsb.

2. Jika tampilan blog kamu rada aneh disatu browser, usahakan disegera diperbaiki.

3. Untuk menghindari loading page yang terlalu berat, jangan upload image lebih dari 30kb.

4. Usahakan memnggunakan widget seperlunya.

5. Meminimalisir penggunaan javascript.

6. Jangan terlalu banyak menampilkan banner.

7. Usahakan loading page halaman blog kamu hanya membutuhkan waktu 5-8 detik, atau size loading page blog kamu jangan lebih dari 100kb. Kamu bisa cek loading page blog kamu disini.