Free Blogger Templates dan Panduan Mengganti Template Blogger

Bagi Anda yang merasa bosan dengan template blogger standar dan ingin menggantinya dengan free blogger templates yang terlihat lebih keren, coba lihat koleksi di BlogspotTemplate.com . Ada lebih dari 80 koleksi template dengan berbagai tema, mulai dari anime, sport, nature, dan template dengan penuh warna.

Sebelum Anda mengganti template blog Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
1. Perubahan template blogger bisa mengakibatkan optimasi (penambahan meta tags, kode verifikasi Google, kode dari Google analytics, dsb), penambahan widget / gadget, dan edit HTML yang telah Anda lakukan di template blogspot lama menjadi hilang. Karena itu sebaiknya Anda simpan dulu di notepad kode-kode HTML penting yang tetap ingin Anda tampilkan di templates blogger yang baru.

2. Sebelum mengedit template blogspot Anda, sebaiknya simpan sebuah salinan dari template lama. Klik download template lengkap.

3. Perhatikan tipe template blogger yang Anda gunakan saat ini dan tipe template blogger yang Anda sukai.
Ada 2 jenis tipe template:
a. HTML templates : classic blogger templates
b. XML templates : new / beta blogger templates
Untuk lebih jelasnya, coba baca panduan how to use old blogger templates in new blogger (panduannya dalam versi Indonesia dan Inggris) dan cara mengganti template di new blogger.

Sebagai contoh:
- Template blogger saat ini XML templates (new / beta blogger templates)
- Setelah memeriksa koleksi free blogger templates di blogspottemplate.com, Anda tertarik dengan template nyoba 780 yang merupakan template blogger 3 kolom dan new blogger template (xml). Template Nyoba 780 terlihat minimalis dan elegan. Selain itu di bagian headernya Anda dapat mengedit images-nya sehingga terlihat personalize.
- Klik download. Untuk mendownload file ini Anda membutuhkan program WinZip atau WinRar.
- Extract dan save template-nyoba-780.xml di hard drive komputer Anda.
- Masuk ke www.blogger.com, ke bagian tata letak, edit HTML
- Sebelum mengedit template Anda, buat salinannya dengan mengklik download template lengkap.
- Upload sebuah template dari sebuah file pada hard drive Anda. Klik telusuri, cari file template-nyoba-780.xml yang sudah Anda save di hard drive komputer. Klik unggah.
- Selanjutnya akan muncul peringatan kalau Widget akan dihapus. Harap konfirmasi bahwa widget berikut ini akan dihapus. Semua data konfigurasi widget akan hilang.
- Bila Anda yakin sudah menyimpan kode semua widget tersebut, klik konfirmasi dan simpan.
- Klik lihat blog, Anda akan melihat tampilan template blog yang baru.

Untuk bagian header, Anda dapat memberi gambar sesuai keinginan. Siapkan image ukuran 780×180. Untuk menggantinya silakan pergi ke tata letak, elemen halaman, klik edit di bagian gambar. Anda dapat menggunakan gambar dari komputer atau dari website. Jangan lupa simpan perubahan yang Anda lakukan.

Langkah selanjutnya pasang kembali kode-kode yang telah Anda save di notepad. Atur kembali letak widget / gadget, periksa di bagian edit HTML, optimasikan kembali blog Anda dengan mencantumkan kembali meta tags, meta description, memasang kembali kode verifikasi Google, dsb.

Ada kemungkinan beberapa saat setelah Anda mengganti themes dan melakukan perubahan yang signifikan, beberapa kata kunci yang telah dioptimasi dan biasanya ada di peringkat atas SERP menjadi hilang atau turun peringkat. Kadang juga jumlah pengunjung menjadi berkurang. Mungkin pengunjung setia blog Anda kaget juga, mengira salah alamat URL blog. Bila hal itu terjadi, jangan panik. Biasanya hal tersebut hanya bersifat sementara. Beritahu pengunjung loyal kalau Anda baru melakukan penggantian template. Selain itu terus lakukan update konten juga agar Google kembali mengindex halaman blog Anda.

Selamat mencoba free blogger templates
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Followers