Cara Menjaga Reputasi Online

Posted by Donny Sulistyo Nugroho on Selasa, 23 Maret 2010 | 0 komentar

WEBMASTER

Dalam tujuan mencapai keberhasilan dalam memenangkan persaingan dunia online, Kita perlu untuk mempertahankan reputasi baik website Kita di dunia online. Reputasi yang baik tidak hanya membutuhkan desain website/web design yang bagus, tapi banyak hal yang lebih dari itu untuk membangun kepercayaan diri, meningkatkan penjualan dan pada akhirnya mengarah ke pendapatan yang lebih baik.

Akhir-akhir ini di dunia online semakin banyak opini dan berita salah dan jahat yang menyebar dengan cepat dan jika tidak diambil tindakan untuk menangani berita dengan benar dan tepat waktu, Kita mungkin menghadapi ancaman serius terhadap bisnis online dan kredibilitas website Kita.

Berikut adalah beberapa langkah-langkah sederhana yang dapat Kita ambil untuk mempertahankan reputasi website Kita:

1. Merespon pengunjung

Bersikap terbuka dan responsif terhadap pengunjung adalah bagian penting untuk menciptakan kesan positif dan mengelola reputasi website Kita. Jika seseorang menanyakan sebuah pertanyaan, jawaban itu harus langsung ada atau bisa menjawab melalui e-mail. Cepat dalam menangani masalah pengunjung kita sebelum berita yang salah menjadi tersebar.

2. Menjawab komentar negatif dengan rendah hati

Menjadi realistis, tidak semua orang puas dengan pekerjaan Kita. Jika orang-orang yang tidak puas ini merupakan orang-orang yang menyebarkan komentar negatif tentang Kita untuk alasan apapun seperti layanan tertunda atau sikap tidak ramah, jawablah komentar mereka langsung untuk mengakhiri masalah secara langsung.

Bersikaplah sangat sopan saat meletakkan sudut pandang Kita di depan orang-orang seperti itu dan Kita akan yakin untuk berhasil menyelamatkan reputasi Kita. Dengan rendah hati dalam menjawab komentar negatif dapat menjadi cara yang hebat untuk mengubah situasi yang buruk menjadi positif.

3. Buat profil online resmi

Buat platform Kita sendiri bagi pengguna untuk berbagi pengalaman pengunjung dengan Kita. Buat profil Kita sendiri dan website lengkap dengan jenis informasi yang Kita benar-benar inginkan untuk disediakan secara resmi. Biarkan pengguna berkomunikasi satu sama lain dan memberikan komentar tentang produk atau jasa Kita, baik positif maupun negatif.

4. Laporan materi yang dicuri dari Kita

Ini merupakan cara yang sangat baik karena pesaing online memungkinkan untuk dapat mencuri bahan/materi dari website Kita untuk meningkatkan Ranking dan Traffic. Ini akan memungkinkan Kita menjadi kehilangan kredibilitas di antara pengunjung website Kita, membuat Kita menjadi "tidak begitu unik" di mata mereka. Untuk mengontrol pencurian materi, content, dan semacamnya, Kita dapat melaporkan website mereka melalui "strict action".

5. Menulis blogpost

Menulis posting blog sangat efektif dalam mempromosikan bisnis online Kita. Melalui blog review dan komentar, Kita bahkan akan dapat meningkatkan kesempatan Kita untuk mendapatkan volume traffic yang lebih tinggi ke website Kita.

Jika Kita atau salah satu ahli dalam bisnis online memiliki pengetahuan yang penting seperti petunjuk, panduan, tips dan trik yang dapat bermanfaat bagi pengunjung website atau pelanggan Kita, pastikan bahwa Kita berbagi pengetahuan Kita melalui tulisan posting blog, biarkan saja Kita menulis blog seperti "tips dasar untuk web design" atau model-model tutorial webmaster lainnya. Ini benar-benar akan sangat membantu dalam meningkatkan reputasi online Kita.

6. Search Engine Optimization

Mayoritas pengguna internet menerima hasil dari pencarian Google atau mesin pencari lainnya secara luar biasa. Oleh karena itu, untuk menjaga reputasi sebuah website tetap baik, jangan lupa untuk mengoptimalkan website Kita melalui SEO. Dalam hal ini, Kita dapat berkonsultasi dengan jasa profesional Search Engine Optimization.

7. Menggunakan Social Media

Menyiapkan Jejarinng sosial atau Social Network atau social media untuk menjaga reputasi online dari website Kita adalah merupakan ide yang sangat baik. Untuk memulainya, lakukan pengaturan profil di Twitter, LinkedIn, Facebook dan MySpace. Setelah Kita memiliki account setup, Kita akan perlu untuk melakukan hal-hal berikut:

- Membuat profil lengkap dengan meletakkan semua informasi
- Libatkan dan Mulai Berinteraksi dengan anggota Social Media
- Lakukan Monitoring komentar untuk komentar baik positif dan negatif